Data Kerja Sama
No. | Nama Lembaga Mitra | Tingkat | Judul dan Ruang Lingkup Kerja Sama | Manfaat/Output | Bukti/Tautan* | |||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | ||
Bidang Pendidikan | ||||||||||
1 | Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia | V | Join seminar “Pedagogical Research and Innovation“ | Dosen dan mahasiswa memperoleh informasi baru perihal pengetahuan dan pengalaman terkait dengan pengajaran, penelitian dan PKM di luar negeri | 1 hari (2023) | Implementasi Kerjasama UPSI | ||||
2 | TASKA ANA Port Dicsion Malaysia | V | Kegiatan Kolaborasi Webinar Internasional | 1. 2. | Mahasiswa Program Studi PIAUD menjadi peserta Webinar internasionaI Dosen a.n Hasanah, M.Pd menjadi salah satu narasumber dalam rangka kegiatan tersebut, oleh karenanya dapat mengasah kompetensi dosen sesuai dengan keahliannya. | 1 hari (2023) | Implementasi Kerjasama TASKA ANA | |||
3 | Pasti Al-Mukmin Port Dicsion Malaysia | V | Kegiatan PLP II Internasional | 1. 2. 3. | Mahasiswa Program Studi PIAUD mendapat pengalaman kerja di luar negeri dan mendapatkan koneksi atau relasi ke sekolah asing Mahasiswa dapat belajar hal baru Mengembangkan kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa inggris | 15 hari (2023) | Implementasi Pasti Al–Mukmin | Kerjasama | ||
4 | UIN Sunan Maulana Hasanuddin Banten | V | Kegiatan visiting lecturer mata kuliah Bermain dan Permainan AUD | 1. 2. | Memiliki kesempatan untuk mendengarkan pengalaman langsung dari orang yang bekerja di lapangan, memberikan wawasan praktis yang tidak mungkin didapat dari buku pelajaran saja. Membangun jaringan dengan para profesional dan akademisi di bidangnya. | 1 hari (2023) | Implementasi UIN Banten | Kerjasama | ||
5 | UIN Sunan Maulana Hasanuddin Banten | V | Narasumber Seminar Nasional “Propetic Paranting | 1. 2. | Meningkatkan keterampilan dalam mempresentasikan dan menuangkan ide/gagasan ke suatu forum Menambah relasi dari kampus yang berbeda | 1 hari (2023) | Implementasi UIN Banten | Kerjasama | ||
6 | Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kota Tangerang | V | Seminar Nasional “Peringatan hari Guru 2022” | 1. 2. | Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengajaran, manajemen kelas, atau penggunaan teknologi dalam pembelajaran melalui workshop Tempat yang baik untuk membangun jaringan dengan | 1 hari (2022) | Implementasi Kerjasama HIMPAUDI |
Selatan dan Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) | rekan-rekan guru dan pendidik lainnya. Melalui interaksi dengan orang-orang dalam seminar, peserta dapat berbagi pengalaman, ide, dan praktik terbaik. | ||||||||
7 | Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) | V | Seminar Nasional “Peringatan hari Guru 2022” | 1. 2. | Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengajaran, manajemen kelas, atau penggunaan teknologi dalam pembelajaran melalui workshop Tempat yang baik untuk membangun jaringan dengan rekan-rekan guru dan pendidik lainnya. Melalui interaksi dengan orang-orang dalam seminar, peserta dapat berbagi pengalaman, ide, dan praktik terbaik. | 1 hari (2022) | Implementasi Kerjasama IGRA | ||
8 | Ikatan Guru Bustanul Athfal (IGABA) Kota Tangerang Selatan | V | Teamteaching mata kuliah microteaching bersama praktisi | 1. 2. | Praktisi membawa pengalaman praktis dan konteks nyata dari lapangan, menghubungkan teori dengan aplikasi di dunia nyata. Mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana teori diimplementasikan dalam praktik sehari-hari. | 6 bulan (2022,2023,2024) | Implementasi Kerjasama IGABA | ||
9 | Pemerintah Provinsi Riau | V | Penerimaan mahasiswa program Strata Satu (S1) Bantuan Beasiswa Berprestasi | Beasiswa untuk 4 orang mahasiswa | 4 tahun (202222025) | Mou, PKS, dan SK Beasiswa Pemprov Riau | |||
10 | Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara | V | Kerjasama bidang Tridharma serta Pengembangan Sumber Daya Manusia | Beasiswa untuk 2 orang mahasiswa | 4 tahun (20212024) | Implementasi Kerjasama PEMDA KUKER | |||
11 | Universitas Hasanuddin | V | Pelatihan Pekerti dan AA Dosen | Pelatihan Pekerti: Mampu merencanakan pembelajaran mata kuliah yang diampu dengan menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS); Mampu mendemonstrasikan proses pembelajaran yang diampu melalui microteaching dan metode pembelajaran yang sesuai dengan RPS; Mampu mengevaluasi hasil pembelajaran mata kuliah yang diampu dengan mengukur capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) dan mengukur CPL yang dibebankan pada mata kuliah yang diampu; Pelatihan AA: 1. Mampu melakukan refleksi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran mata kuliah yang diampunya yang mencakup aspek persiapan (RPS), Pelaksanaan (Metode dan Materi Pembelajaran), Evaluasi | 14 hari (2023) | Mou dan Undangan Kegiatan UNHAS |
(Pengukuran CPMK dan CPL yang dibebankan pada Mata Kuliah) dan Upaya Perbaikan dan Tindak Lanjut; Mampu menulis bahan ajar mata kuliah yang diampunya berdasarkan pengalaman mengajar yang diperoleh; Mampu melaksanakan proses pembelajaran bauran (Blended Learning) | |||||||||
12 | Badan Amil Zakat Nasional | V | Sinergi Program Beasiswa Cendekia BAZNAS | Beasiswa untuk 2 orang mahasiswa | 2 kali(2021) | IMplementasi Kerjasama Baznas | |||
Jumlah | 3 | 9 | 0 | ||||||
Bidang Penelitian | |||||||||
1 | Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia | V | Join seminar “Pedagogical Research and Innovation“ | 1. 2. | Berpartisipasi dalam seminar memberi mahasiswa pengakuan profesional, terutama jika mahasiswa memenangkan penghargaan atau mendapatkan apresiasi dari sesama peneliti. Seminar memungkinkan untuk memahami tren terbaru dalam bidang penelitian | 1 hari (2023) | Implementasi Kerjasama UPSI | ||
2 | Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia | V | Rakornas III dan Bimbingan Teknis dengan tema Penguatan Manajemen OJS untuk Mewujudkan Jurnal PAUD Berkualitas Standar Nasional dan Internasional | 1. 2. 3. | Meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam menggunakan OJS dan manajemen jurnal PIAUD. Hasil dari kegiatan ini bisa berupa rencana aksi yang konkret untuk meningkatkan manajemen jurnal PIAUD IIQ Jakarta Menjaring kolaborasi antara para peneliti se Indonesia berupa pertukaran pengetahuan, sumber daya dan praktik terbaik dalam pengelolaan jurnal | 4 hari (2022) | MoU dan Laporan Kegiatan PPJ PAUDI | ||
Jumlah | 1 | 2 | |||||||
Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) | |||||||||
1 | Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia | V | Keynote Speaker dalam Kegiatan Join Seminar | 1. 2. | Hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan untuk penyuluhan dan edukasi, membantu masyarakat memahami isu-isu penting dan mengambil tindakan yang tepat. Dari hasil seminar dapat mengembangkan panduan praktis atau toolkit yang memberikan langkah-langkah konkret bagi masyarakat untuk mengatasi masalah yang diteliti. | 1 hari (2023) | Implementasi Kegiatan UPSI | ||
2 | Dinas DP3AP2KB Pemerintah Kota Tangerang Selatan | V | Mahasiswa menjadi relawan dalam mensosialisasikan | Menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi anak- anak, mempromosikan pendidikan inklusif, dan meningkatkan kesadaran tentang hak-hak anak di sekolah. | 1 bulan (2021) | MoU dan Laporan Kegiatan DP3AP2KB Tangerang Selatan | |||
Sekolah Ramah Anak (SRA) | |||||||||
3 | Dinas DP3AP2KB Pemerintah Kota Tangerang Selatan | V | Mahasiswa menjadi relawan dalam penguatan keluarga berkualitas melalui Pusat Pelayanan Keluarga (PUSPAGA) | Membuktikan bahwa melalui kolaborasi antara mahasiswa sebagai relawan dan PUSPAGA, penguatan keluarga berkualitas dapat dicapai | 1 bulan (2022) | MoU dan Laporan Kegiatan DP3AP2KB Tangerang Selatan | |||
4 | Dinas DP3AP2KB Pemerintah Kota Tangerang Selatan | V | Mahasiswa menjadi relawan dalam penguatan pendidikan anak di era digitalisasi | Melalui edukasi, kita dapat membentuk anak-anak yang cerdas, bijaksana, dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi digital | 1 bulan (2023) | MoU dan Laporan Kegiatan DP3AP2KB Tangerang Selatan | |||
5 | Dinas DP3AP2KB Pemerintah Kota Tangerang Selatan | V | Narasumber Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Anak | Penyuluhan dapat membantu mengubah norma sosial yang mendukung kekerasan. Meningkatkan pemahaman tentang tindakan kekerasan dan dampaknya, penyuluhan dapat membantu mencegah kasus-kasus kekerasan sebelum terjadi. | 1 hari (2023) | MoU dan Laporan Kegiatan DP3AP2KB Tangerang Selatan | |||
Jumlah | 1 | 4 | |||||||
Bidang Pengembangan Kelembagaan: SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten, Teknologi Pembelajaran, dll. | |||||||||
1 | National Child Development Research Centre (NCDRC) | V | Pelaksanaan kunjungan dalam rangka pengembangan sumber daya PAUD dan studi banding sarana dan prasarana pembalajran | Meningkatkan mutu dan layanan perguruan tinggi | 1 hari (2023) | LoI UPSI | |||
2 | Universitas Hasanuddin | V | Pengembangan sumber daya manusia | Peningkatan Kompentensi Dosen melalaui Pelatihan Pekerti dan AA | 14 hari (2023) | Mou dan Undangan Kegiatan UNHAS | |||
3 | Perkumpulan Pengelola Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni (PPJ PAUD) | V | Melakukan publikasi artikel | Meningkatkan mutu dan layanan perguruan tinggi | 4 hari (2022) | MoU dan Laporan Kegiatan PPJ PAUD | |||
4 | Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PPIAUD) | V | Memfasilitasi HKI dosen PIAUD | membangun reputasi yang baik di mata masyarakat dan dapat berguna bagi kemaslahatan masyarakat pada umumnya | 1 hari (2023) | MoA PPIAUD dan Memfasilitasi H-KI | |||
Jumlah | 3 |